Tuesday, June 19, 2012

Mengatasi Kecanduan FaceBook


Kecanduan FB,mengatasi kecanduan FB
Kecanduan FB

Sosial media bisa membawa  pengaruh pada perilaku manusia, baik dan buruknya. Salah satu efek buruknya kecanduan dengan jejaring sosial terutama twitter dan facebook.
Dampaknya  adalah, sering kita jumpai orang-orang  berkumpul di satu meja namun sibuk dengan gadgetnya masing-masing atau terjadinya penurunan kualitas dan  produktifitas kerja. Mereka terlihat seperti kecanduan jejaring sosial.
Nah gimana  jika kita sudah kecanduan dan ingin mengobatinya…ini  caranya :

1. Atur waktu online
Yang paling mudah bisa aja menggunakan stopwatch atau alarm buat  mengontrol penggunaan internet. Pake  jatah waktu untuk mengakses facebook atau twitter.

2. Pake cara  ‘primitif’
Ada  pesan di inbox facebook? balas lewat  telpon, terlihat  lucu, aneh dan primitif? ya emang, tapi lewat  telepon kita benar-benar berinteraksi dengan manusia bukan mesin.

3. Sosialisasi  secara offline
Bergaulah, jangan Cuma  menjadi orang yang punya banyak follower di twitter tapi tidak memiliki pergaulan di dunia nyata. Berbaurlah  Jangan hanya  bisa  ramai berkicau di twitter tapi saat bertatap muka langsung tidak bisa berinteraksi dengan baik.

4. Membatasi penggunaan jejaring sosial
Apakah kamu termasuk tipikal orang yang memiliki semua layanan jejaring sosial di internet? dari Facebook, MySpace, Google+, Digg atau yang lainnya? kalo iya, mulailah membatasi memakai  layanan tersebut, jangan aktif di banyak layanan yang  fungsinya sama.
Contoh: Pilih Facebook atau MySpace, jangan keduanya 

5. Mengerti Prioritas
Jika kamu  di kantor, prioritas kita  adalah menyelesaikan pekerjaan. Gungkan  jejaring sosial saat istirahat atau waktu kosong. Jangan  buang waktu setiap menit ganti profil picture atau status di BBM.

6. Uninstall aplikasi di handphone
Kalo kita  tidak terlalu membutuhkan aplikasi Facebook atau twitter di handphone , kecuali  jika  memang bekerja dengan keduanya. Hapus  aja  aplikasi tersebut, jangan sampai anda diputusin pasangan karena blackberry.

7. Habiskan waktu dengan keluarga, sahabat atau orang tercinta
Saat  mempunyai  waktu luang, akan lebih berharga untuk menghabiskannya dengan keluarga, sahabat atau orang tercinta dibandingkan  update status di facebook atau mencari kenalan lewat Yahoo Messenger.

Nah itu tadi cara menghilangkan Kecanduan jaring Social Media di Internet moga bermanfaat ya….

No comments:

Post a Comment